Tuesday, October 23, 2007

Syawal...........

Syawal Sebuah Awal
Sun, 10/21/2007 - 05:58 — sausan
Mungkin kita sempat menitikkan airmata saat sujud dimalam akhir bulan suci kemaren. Sebagai tanda ungkapan selamat berpisah pada bulan yang penuh barakah. Namun setelah itu apa yang tersisa? Takbir menggema seantero jagat melepas sedih kita. Kita sudah memasuki hari-hari seperti biasa ditengah hiruk pikuk pesta yang kita siapkan. kegembiraan kita luapkan hampir melupakan kenangan ketika kita bertafakur di sudut masjid ataupun mushola.

Padahal syawal adalah sebuah awal dari permainan panggung kita, setelah sebulan penuh kita digembleng sebelum kita terjun pada realita hidup sesungguhnya. pernahkah kita merasa seperti itu?
terkadang yang kita rasakan hanyalah sebuah kemerdekaan. kebebasan kita dari puasa hati, raga dan jiwa. Kita bisa meredam segala emosi, segala nafsu.. yang bila kita renungkan, barangkali hanyalah kita lakukan di bulan ramadhan. Dan bulan-bulan berikutnya adalah bulan-bulan yang kan kembali sama dan biasa. Jadi kapan kita bisa menang? atau dikatakan keluar sebagai jiwa yang menang setelah sebulan penuh menjalankan?

Mari kita perbanyak muhasabah, karena mulai saat inilah.. perjuangan kita sebenarnya. Ramadhan adalah miniatur pelatihan. Jihad sebenarnya diawali detik ini. Dan semoga sampai di miniatur pelatihan berikutnya. Salam.

No comments: